logo

.
Friday 24th of October 2014    

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Powered By therelax.com

Kata Bijakku Hari Ini...


PENGELOLAAN SAMPAH PDF Cetak E-mail

 

PENGELOLAAN SAMPAH Untuk ALTERNATIF PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT

Oleh : Soffia Seffen,SH, Staf PPE Sumatera (Ketua Dalang Collection)

Tumpukan sampah  disudut-sudut kota, sungai, bahkan didepan  rumah merupakan pemandangan yang sudah  tidak asing  lagi. Berbagai  usaha pemerintah  kota mensosialisasikan sampah masih dianggap  remeh  dan dipandang  sebelah mata oleh masyarakat  luas. Apakah sosialisasi  sampah  masih kurang?  atau apakah kita masih  berfikir bahwa  itu adalah tugas  pemerintah  terutama dinas kebersihan  sepenuhnya  dan apakah dari segi penegakan  hukum  yang  belum  begitu  tegas? ternyata  banyak  hal yang mempengaruhi  untuk  pengelolaan sampah agar sampah bisa terkelola  dengan  baik.

Sampah  tidak  selamanya  menjadi masalah  bagi kita semua,  justru sampah  dapat menjelma menjadi pendapatan keluarga  dan menunjang perekonomian masyarakat. Bahkan kehidupan yang  layak  dan berkecukupan dapat kita raih dengan mengelola  sampah, tidak percaya?

Dalang  (Daur Ulang) Collection  merupakan  salah  satu contoh  bukti  nyata  telah berhasil mengelola sampah  dengan baik dan  telah meningkatkan  taraf hidup para anggotanya.

Aktifitas yang tidak memakan waktu begitu banyak dapat membuahkan  hasil yang cukup  lumayan . Bayangkan 300  - 350 kg sampah plastik dikelola setiap bulannya oleh Dalang  Collection dan disulap menjadi kerajinan  yang cukup unik dan menarik  dari sandal, tempat  sepatu,  tutup  kulkas, berbagai macam  tas hingga  bajupun  dapat  dikreasikan dari limbah  plastik  ini. Penasaran?

Diujung  Jalan Gajah No. 33 Sp. SPG Kulim Kel. Rejosari, anggota Dalang  Collection setiap bulan minggu kedua  berkumpul bersama-sama  selain untuk menjalin  silaturahmi  juga membahas bagaimana  langkah-langkah  mengelola  sampah plastik  untuk memajukan  Dalang Collection  agar lebih menarik perhatian  baik oleh Pemda maupun  masyarakat  luas.

Mau  ikut bergabung? Gampang sekali, tinggal datang kejalan Gajah  dan mari  berpartisipasi!

Apa  saja  langkah - langkah Dalang Collection  dalam mengelola  sampah. Dalang Collection  yang  telah memiliki anggota sebanyak 30 orang mempunyai  tugas masing-masing yakni:

1.  Kelompok pemulung mengantarkan sampah  kotor nya ke Dalang Collection dan sampah di harga    Rp 1500 / kg.
2.  Kelompok pencuci plastic mencuci plastik yang dating dari pemulung dengan upah Rp 4000 / kg.
3. Kelompok mempola / menggunting plastik mengambil plastik yang sudah dibersihkan dan dipola sesuai ukuran dan model kerajinan dengan upah Rp 1000 / kg.
4. Kelompok Penjahit menjahit berbagai macam kerajinan dan diupah berdasarkan tingkat kesulitan menjahit daqn mendapat upah dari Rp 2000 hingga Rp 20.000 / jahitan.
5.  Kelompok penganyam memanfaatkan sampah plastic sejenis deterjen (plastik tipis) untuk dianyam dan dibuat menjadi alas meja, dompet, tempat tisu dan banyak lagi yang lainnya.
6. Dan kerajinan sampah plastic ini sudah siap untuk dipasarkan.
Dalang collection merupakan binaan dari Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumatera yang sudah berdiri hampir 4 (empat) tahun dan telah diresmikan oleh walikota Pekanbaru (Bpk. Herman Abdullah) pada tanggal 22 Februari 2010 bertepatan dengan Hari Peduli  Sampah Nasional di Jl. Gajah No. 33 Sp. SPG Kulim. Dalang Collection  yang  diketuai  oleh Soffla Seffen, SH (salah satu  staf PPE Sumatera) ini  telah membina  30 anggota  dalam mengelola sampah plastik (Anorganik). Bukan  hanya mengelola dan menjual  hasil kerajinan  dari sampah  tetapi  dengan berjalannya waktu kelompok Dalang Collection  ini  juga sudah bisa berbagi  pengalaman  kepada ibu - ibu di berbagai daerah di Sumatera  diantaranya:  Jambi,  Sibolga, Mentawai, Pangkal Pinang, Muntok dan masih banyak lagi daerah lain telah mendapat ilmu mengelola sampah dari Dalang Collection.

Selain di Jl. Gajah Ujung, Dalang Collection juga  telah membuka  cabang  baru di Jl. Pahlawan Kerja Gg. Amal Kec. Marpoyan Damai, beraneka  kerajinan sampah plastik bisa dilihat dan dimiliki juga  disana.

Teryata  dengan mengelola  sampah  banyak  hal yang bisa kita capai  dan sangat banyak membantu perekonomian rumah tangga masyarakat ekonomi lemah.Dan dengan kegiatan ini juga ternyata secara tidak langsung ikut menyelamatkan bumi dari beban pencemaran. Ayo Berantas kemiskinan dan menjadi pahlawan lingkungan.

 


 

Hallo BLH Kota Bengkulu

bottom

Dijalankan dengan Joomla!. Designed by: Free Joomla 1.5 Template, web hosting. Valid XHTML and CSS.